Kamis, 31 Oktober 2013

Arsip Lama : Cara Pintar Kerja di Seksi Verak KPPN (2)

(Saya tulis pada sekitar semester I 2008, dan pernah diupload di web : http://djpbn-jateng.go.id/artikel/Cara%20Pintar%20Kerja%20di%20Seksi%20Vera%20KPPN.htm)

Lanjutan :
 
Langkah-Langkah untuk proses konversi ke dbf dan export ke excel, dapat saya jelaskan secara teknis sebagai berikut :

1.     Siapkan file-file seperti yang tercantum dalam tampilan di bawah ini. File                 mysql-connector-odbc-3.51.20-win32, install_database_server_sp2d2008_ver_1.0, Installer_MySQLkeDBF dapat kita download dari ftp1.perbendaharaan.go.id.


Untuk Tabel_Satker bisa kita dapatkan dari konversi datasql yaitu file t_satker.myd. Setelah menjadi dbf baru kemudian kita export menjadi file excel. Dengan sedikit pengaturan, file ini bisa kita simpan dengan nama baru, misal tabel_satker. Begitu pula dengan Tabel_BAS merupakan konversi dari file t_mak.myd. Sedangkan untuk file Copy_sqldb.bat cara membuatnya adalah sebagai berikut :
-        Buka Notepad, kemudian ketik isian seperti pada tampilan dibawah ini :

-    Kemudian simpan / save as dengan nama file Copy_sqldb.txt. Lanjutkan dengan merename file tersebut menjadi Copy_sqldb.bat. Atur agar file tersebut dapat dijalankan secara otomatis ketika komputer startup
-        Jika hal ini kesulitan mintalah supervisor agar setiap pagi mengcopykan folder sqldb yang ada di mydb8 ke dalam folder backup-sqldb yang telah disharing.

2.     Lakukan proses install mysql-connector-odbc-3.51.20-win32 dan lanjutkan dengan install_database_server_sp2d2008_ver_1.0, maka di drive C:\  akan muncul folder mydb8 seperti pada gambar dibawah ini :

3.     Selanjutnya lakukan proses install file Installer_MySQLkeDBF, sehingga di drive C:\ akan muncul folder MySQLkeDBF seperti dibawah ini :

4.     Buatlah shortcut MySQLkeDBF di desktop :

5.     Sebelum menjalankan aplikasi MySQLkeDBF,  copy terlebih dahulu seluruh file yang ada di folder C:\backup-sqldb yang ada di komputer server ke folder C:\mydb8\data\sqldb\ yang ada di komputer verak, seperti gambar dibawah ini :

Tampilan isi folder C:\backup-sqldb yang ada di komputer server :
Tampilan folder C:\mydb8\data\sqldb\ yang ada di komputer verak :
6.     Jalankan aplikasi MySQLkeDBF, maka akan muncul tampilan dibawah ini :




7.     Klik folder tujuan  dan pilih file-file yang akan dikonversi :