Jumat, 05 September 2014

Modul Pokok-Pokok Pengelolaan Kas Negara



Sejatinya, ini adalah cara saya belajar tentang “Pokok-Pokok Pengelolaan Kas Negara” dimana pada porsi yang sedikit, saya terlibat didalamnya. Saya berusaha mengumpulkan, mendokumentasi, membuat sistematika dan meringkasnya. Saya hanya sekedar menjiplak dari peraturan terkait pengelolaan kas negara. 
Namun, bukankah selama ini belum pernah ada yang membukukan atau memodulkan peraturan yang berisi ketentuan dalam pengelolaan kas negara? Disinilah saya mengambil peran, sebagai pemulung dan pengumpul. Dan dari menulis ulang itulah saya belajar.
Saya kira apa yang saya pelajari, mestinya tidak hanya saya saja yang mengetahuinya. Ada banyak orang atau pihak yang mestinya tahu tentang pengelolaan kas negara. Karena itulah, saya membukukan dan menyebarkannya.
Alasan lainnya adalah sesuatu yang terkompilasi akan memudahkan bagi kita untuk mempelajarinya dibandingkan jika masih dalam kondisi terpisah-pisah dan tidak jelas alur dan sistematikanya. Modul ini menawarkan hal itu yaitu kompilasi ketentuan. Dari sesuatu yang sudah terkumpul, akan memudahkan bagi kita untuk menarik benang merah dan keterkaitan satu peraturan dengan peraturan lainnya. Sehingga, pemikiran kita menjadi integral atau tidak terpecah-pecah.
Selama ini, ada pertanyaan yang cukup mengganggu yaitu apakah hal yang saya kerjakan berkaitan langsung dengan kesejahteraan rakyat. Atau lebih tegasnya, apa kontribusi saya bagi negara ini? Dan dari apa yang saya pelajari dari modul ini, saya mendapatkan jawaban tersebut. Bahwa pengelolaan kas bagaikan jantung yang memompa dan mengelola aliran darah dalam tubuh. Tanpa aliran darah yang lancar dengan kebutuhan darah yang cukup, maka tubuh akan menjadi lemas dan sakit-sakitan. Begitu juga dengan negara, tanpa aliran kas yang baik dengan pengelolaan kas yang baik pula, maka negara ini akan terhambat dalam melaksanakan pembangunan bagi kesejahteraan rakyat.
Harapan saya adalah modul ini bermanfaat bagi banyak kalangan khususnya bagi mereka yang terjun atau akan terjun di pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan kas.
Semoga bermanfaat.

Silakan unduh disini : https://www.dropbox.com/s/jn4y0exm3wlcvs3/Modul%20Pokok%20Pengelolaan%20Kas%20Negara.rar?dl=0

***