Jumat, 17 Januari 2014

Kepala Seksi Bank...(Tapi Bukan Bankir)

Kadangkala kita bekerja, berjalan, mengarahkan tujuan pada apa yang telah kita tulis dan telah masuk dalam alam bawah sadar kita. Beberapa waktu yang lalu, saya merapikan lemari dan tanpa sengaja menemukan catatan saya sendiri. Sebuah rencana hidup yang saya susun pada tahun 2004. Dan subhanallah, apa yang saya tulis itu benar-benar terjadi dalam hidup saya. Begitu juga dengan promosi yang saya terima saat ini. Benar-benar terjadi pada tahun yang telah saya susun sebelumnya. Begitu juga dengan beberapa rencana lainnya.


Saya ingat betul saat menerima kabar bahwa saya mendapat promosi. Pada waktu itu saya sedang berada di Pulau Alor untuk merampungkan satu rangkaian kegiatan penulisan. Saya menerima kabar melalui BBM dari seseorang yang saya hormati. Dan sesaat kemudian, sms, telepon masuk ke HP saya untuk menanyakan Pdf SK mutasi. Ini mungkin dipicu status saya di facebook. Jelas, saya tidak bisa melayani permintaan tersebut, karena memang saya belum memiliki Pdf SK mutasi, juga karena tidak ada jaringan internet di gadget yang saya punya. Maka, malam minggu itu mungkin menjadi malam minggu yang cukup menggelisahkan bagi sebagian insan DJPBN.

Selama lima tahun lebih bekerja di Kantor Pusat, memberikan pengalaman yang sangat mengesankan dan juga sangat membanggakan. Saya turut membidani lahirnya beberapa ketentuan dalam bentuk Surat Edaran, Keputusan Dirjen ataupun surat-surat dinas yang bersifat mengatur. Dan ketentuan-ketentuan tersebut masih berlaku hingga saat ini. Diantaranya seperti Kepdirjen tentang pengusulan satyalancana karya satya, Kepdirjen tentang pemberian kuasa, Surat Edaran tentang administrasi kehadiran, Surat Edaran tentang laporan kepegawaian dan terakhir Surat Edaran tentang administrasi kerja lembur dengan sistem kehadiran elektronik. Saya juga menginisiasi dan mengkoordinasikan terbitnya buku Panduan Administrasi Kepegawaian dan kemudian terbit kembali edisi keduanya dengan judul Panduan Layanan SDM.

Jadi, praktis selama lima tahun lebih itu, saya berkecimpung dengan administrasi kepegawaian dan data kepegawaian. Dan ternyata dengan promosi ini, saya mendapatkan tugas baru dengan bidang/jenis pekerjaan yang sangat berbeda. Saya memilih dan menganggapnya bahwa ini sebuah tantangan baru bagi saya. Saya berpikir, ada yang harus saya kerjakan dan saya hasilkan pada bidang/jenis pekerjaan baru ini. Saya diangkat sebagai Kepala Seksi Bank…..(tapi bukan bankir).

Dan lagi-lagi saya berucap subhanallah, saya tak pernah menyangka bahwa buku yang saya peroleh ketika masih bekerja di KPPN (sebelum ke Kanpus) dan tersimpan selama 5 tahun lebih di lemari, saya temukan kembali dan mungkin bermanfaat bagi saya. Saya juga tidak tahu mengapa waktu itu saya menyimpannya. Buku itu berjudul “Bahan Pembinaan Bendum KPPN”, sebuah buku yang saya kira cocok dengan tugas yang akan saya emban sebagai Kepala Seksi Bank….