Selasa, 20 September 2016

Paijo Naik Pesawat

Naik Bis???

Setelah panggilan boarding dan mengantri, tibalah Paijo di depan petugas maskapai dan menyerahkan boarding pas. Sambil menyobek boarding pas, petugas berujar: "Silakan turun tangga dan naik bis". 
Karuan saja, Paijo yang baru kali pertama akan naik pesawat, bingung dan marah. 
"Sampeyan ini gimana to, Mas....Saya itu mau naik pesawat, bukan naik bis...."

***

Berebut Kursi

Paijo segera berebut naik pesawat. Kini, ia senang bisa duduk di kursi paling depan. Sejurus kemudian, seorang penumpang menghampirinya. 
"Maaf Pak..., ini kursi saya," kata orang itu. 
"Enak saja Sampeyan, saya sudah duluan disini," ujar Paijo sambil mendelik sangar. 

Melihat perselisihan itu, pramugari menghampiri. 
"Maaf Bapak-Bapak, boleh lihat boarding passnya?" 

Setelah melihat kedua boarding pass, pramugari berkata pada Paijo. 
"Sesuai boarding pass, Bapak duduknya di belakang, di kursi 30A." 

Paijo pun marah. 
"Mbak, Sampeyan jangan sembarangan ya... Saya itu naik duluan dan dapat kursi ini... Masak Sampeyan seenaknya nyuruh pindah saya ke belakang." 
Paijo terus nyerocos sampai kegaduhan itu terdengar oleh pilot. Dengan senyum dan penuh wibawa, pilot itu menghampiri Paijo. Ia sangat paham menangani penumpang yang baru pertama kali naik pesawat. Setelah memperkenal diri sebagai pilot, ia mulai bertanya. 

"Bapak mau kemana?" 
"Saya mau ke Batulicin," jawab Paijo. 
"Ooo Batulicin...ya..ya... Kalau ke Batulicin, duduknya di kursi belakang, Pak... yang kursi ini untuk penumpang yang turun di Banjarmasin," jelas Pilot. 
"Kenapa ndak bilang dari tadi," kata Paijo sambil buru buru pindah ke bagian belakang.

***