Rabu, 11 Juni 2014

Buku Pedoman Kerja Seksi Bank KPPN Non SPAN

Alhamdulillah, saya bisa merampungkan penyusunan buku ini. Sebenarnya, ini agak terlambat karena sudah berada pada masa transisi dari KPPN existing menjadi KPPN SPAN. Hampir seluruh alur kerja berubah dan malah beberapa pekerjaan akan hilang. Tapi, saya berusaha mengamalkan apa yang disabdakan Kanjeng Nabi SAW yang ringkasnya : “Tanamlah pohon, meski besok kiamat”.

Saya kira, hadirnya buku ini tidak akan sia-sia, karena masih ada jeda waktu yang kita sendiri juga tidak tahu, kapan seluruh KPPN akan ber-SPAN. Paling tidak, buku ini menjadi catatan sejarah, bagaimana proses kerja pada Seksi Bank KPPN Non SPAN.

Saya juga tidak ingin seperti apa yang terjadi pada jaman dulu, ketika peralihan jaman UYHD ke era UP atau jaman saldo besi ke era TSA. Saya kira, tak ada buku yang mendokumentasikan secara lengkap bagaimana proses kerja jaman itu. Kita hanya bisa mengetahuinya dari beberapa peraturan yang harus kita kumpulkan satu per satu. Dan itu akan menghabiskan energi. Saya berusaha mengambil pelajaran dari hal itu.

Kenapa juga baru sekarang? Karena saya baru berkesempatan duduk di Seksi Bank. Tentu, pada saat kita ditempatkan pada suatu jabatan, selalu ada pertanyaan dalam benak saya, kira-kira hikmah apa yang bisa diambil dari posisi dan waktu saya saat ini. Dan saya kira, inilah salah satu jawabannya.

Buku ini melangkapi buku yang telah saya susun sebelumnya yaitu Panduan Praktis Bank Persepsi/Operasional. Klik disini : http://www.filjannah.blogspot.com/2014/03/petunjuk-praktis-bank.html

Harapan saya, semoga buku ini bisa bermanfaat bagi semua kalangan. Saya kira, buku ini juga akan membantu memetakan beberapa peraturan yang mesti dicabut atau akan dilakukan perubahan terkait pelaksanaan SPAN termasuk dampak implementasi MPN G-2.

Sekian, semoga bermanfaat. Silakan unduh disini : https://www.dropbox.com/s/vh0gyi4eeoezgzx/Buku%20Pedoman%20Kerja%20Seksi%20Bank.rar