Senin, 16 November 2015

Keliru Karena Gak Tahu, Tapi Yakin, Ampuh Juga…



Seorang pedagang mendatangi Pak Kyai mengadukan masalah yang ia hadapi.
“Pak Kyai…, uang dagangan saya tiba-tiba hilang, padahal sudah saya kunci di dalam lemari.”
“Siapa tahu diambil istri atau pembantumu?”
“Tidak, Pak Kyai… Saya tahu bagaimana mereka. Saya curiga uang saya diambil tuyul.”
“Mohon Pak Kyai memberi saya amalan, mudah-mudahan uang saya terjaga dan usaha saya tambah lancar.”
“Ya sudah, ini saya kasih amalan ayat kursi, setiap malam habis sholat isya, kamu baca sebanyak-banyaknya,” kata Pak Kyai.

Sebulan kemudian, pedagang itu kembali sowan Pak Kyai dengan membawa banyak hadiah.
“Terima kasih, Pak Kyai… setelah saya amalkan, uang saya aman dan usaha saya bertambah maju.”
Weh.. kok ampuh beneran,” batin Pak Kyai penasaran.
“Saya pengen nanya, setiap malam kamu baca ayat kursi berapa kali?”
“5000 kali, Pak Kyai...,” jawab si Pedagang.
Weelah… banyak bener… apa mulut kamu ndak capek baca sebanyak itu? terus kamu ndak tidur, dong?”
“Ndak capek, Pak Kyai….,saya juga bisa tidur setiap malam, wong bacanya ndak lama juga,” ujar si Pedagang.
“Ndak lama gimana, itu 5000 kali. Memangnya kamu bacanya gimana?” Tanya Pak Kyai makin penasaran.
“Ya saya baca: ayat kursi, ayat kursi, ayat kursi, ayat kursi…..”
Woalah… yang saya maksud bukan begitu, masak kamu ndak tahu ayat kursi?”
“Saya ndak tahu Pak Kyai, saya orang bodoh, saya ndak bisa ngaji…”

***