Selama ini dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, unit pengelola
kepegawaian atau layanan SDM di lingkungan kementerian/lembaga dihadapkan pada
sejumlah peraturan yang tersebar dan belum dibukukan. Meski sebagian telah
disusun SOP dalam pelaksanaan tugas-tugas kepegawaian, tetapi pedoman yang
menjadi dasar pijakan pengelola kepegawaian masih harus dicari dan terkadang
tidak ada dalam unit tersebut.
Di masing-masing kementerian/lembaga
bahkan di masing-masing unit eselon I memiliki
kekhasan masing-masing dalam urusan administrasi kepegawaian. Dalam beberapa
hal, kementerian/lembaga/unit eselon I telah menetapkan aturan/kriteria
tertentu dalam pelaksanaan Peraturan Pemerintah di bidang kepegawaian.
Berangkat dari gagasan tersebut, saya kira di masing-masing kementerian/lembaga perlu menerbitkan sebuah buku atau modul pedoman administrasi kepegawaian atau
layanan SDM bagi pengelola kepegawaian baik di tingkat pusat maupun di daerah.
Modul tersebut tentunya harus dibaca berdampingan dengan beberapa
ketentuan/peraturan kepegawaian yang berlaku selama ini. Modul ini dimaksudkan
memberikan panduan penyelenggaraan tata
usaha kepegawaian atau layanan SDM secara garis besar.