Rabu, 05 Desember 2012

Pelaksanaan Pelantikan



Untuk pelaksanaan pelantikan, dokumen-dokumen yang perlu disiapkan (dan perlu dibuat ceklist Dokumen Pelantikan), sebagai berikut :
a.       Pra Acara
1)      Surat Panggilan Pelantikan
2)      Surat Undangan
3)      Surat Permohonan Rohaniwan
4)      Nota Dinas Para Saksi
5)      Nota Dinas Petugas Pelantikan
6)      Registrasi Peserta Pelantikan
7)      Honor Rohaniwan
8)      Honor Petugas Pelantikan bila dana tersedia
9)      Nota Dinas Permohanan tempat, perlengkapan dan konsumsi ke unit yang menangani
b.      Hari – H :
1)      Berita Acara Pelantikan/Pengangkatan Sumpah Jabatan (BAP) masing-masing agama
2)      Naskah Pelantikan
3)      Naskah Sumpah
4)      Ringkasan SK Plus Ringkasan Lampiran SK
5)      Susunan Acara
6)      Name Table (Rohaniwan, Saksi (Saksi,I+II), Undangan, Dirjen/Direktur/Kepala…. , Masing-Masing Agama, Petugas Pembawa Naskah)
c.       Pasca Acara:
1)      Nota Dinas Penandatangan BAP ke masing-masing saksi
2)      Nota Dinas Penandatangan BAP ke pejabat yang mengambil sumpah, setelah ditandatangani oleh para saksi
3)      Surat Pernyataan Pelantikan (SPP)
4)      Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT)
5)      Surat Pengantar ke unit pembayaran gaji dengan tembusan seperlunya

Secara umum tata tertib dalam pelaksanaan pelantikan adalah sbb :
  • Peserta, rohaniwan, undangan dan para saksi hadir 30 menit sebelum acara dimulai
  • Pakaian Putih Hitam (Gelap), berdasi atau disesuaikan
  • Barisan Peserta sesuai dengan kelompok agama masing-masing
  • Ditunjuk peserta yang mewakili masing-masing agama untuk penandatanganan BAP secara simbolis.
  • BAP yang bukan simbolis sebaiknya ditandatangani segera setelah acara pelantikan. Untuk itu, perlu diatur agar peserta pelantikan untuk menunggu dan tidak meninggalkan lokasi acara terlebih dulu sebelum menandatangani BAP.