Selasa, 11 Desember 2012

Modul Panduan Layanan SDM


Selama ini dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, unit pengelola kepegawaian atau layanan SDM di lingkungan kementerian/lembaga dihadapkan pada sejumlah peraturan yang tersebar dan belum dibukukan. Meski sebagian telah disusun SOP dalam pelaksanaan tugas-tugas kepegawaian, tetapi pedoman yang menjadi dasar pijakan pengelola kepegawaian masih harus dicari dan terkadang tidak ada dalam unit tersebut.

Di masing-masing kementerian/lembaga bahkan di masing-masing unit eselon I memiliki kekhasan masing-masing dalam urusan administrasi kepegawaian. Dalam beberapa hal, kementerian/lembaga/unit eselon I telah menetapkan aturan/kriteria tertentu dalam pelaksanaan Peraturan Pemerintah di bidang kepegawaian.

Berangkat dari gagasan tersebut, saya kira di masing-masing kementerian/lembaga perlu menerbitkan sebuah buku atau modul pedoman administrasi kepegawaian atau layanan SDM bagi pengelola kepegawaian baik di tingkat pusat maupun di daerah.

Modul tersebut tentunya harus dibaca berdampingan dengan beberapa ketentuan/peraturan kepegawaian yang berlaku selama ini. Modul ini dimaksudkan memberikan panduan penyelenggaraan tata usaha kepegawaian atau layanan SDM secara garis besar.

Terkait modul tersebut, saya mempunyai visi : ketika seorang pegawai dilantik menjadi pejabat pengelolan kepegawaian/layanan SDM pada suatu kementerian/lembaga/unit organisasi, modul ini dapat diberikan kepada pegawai tersebut sebagai bekal dan lentera yang sangat membantu dalam menjalankan tugas-tugas pengelolaan kepegawaian dan layanan SDM. Apalagi jika pegawai tersebut sebelumnya bukan dari unit pengelola kepegawaian yang tentunya agak rabun dengan urusan kepegawaian. Saya kira, ini akan sangat bermanfaat.